Lokomotif BB304
Beberapa dashboard lokomotif. Yang berbentuk seperti setir mobil, sebenarnya adakah tuas percepatan/ gas. Karena kereta api berjalan diatas rel, jadi, yang memindahkan jalur mana yang akan dilalui, bukan dari masinisnya, tetapi dari petugas dirumah sinyal atau diruang PPKA, tentunya semua tergantung arah kota atau stasiun mana yang akan dituju. Dan semuanya, berada didalam lingkup stasiun atau masih dalam jangkauan stasiun.
Yang lama, dalemannya seperti ini. Tuas gas, masih berbentuk seperti setir mobil.

Untuk masuk setasiun arah lurus atau belok, masinis harus memperhatikan petunjuk atau rambu rambu, dalam hal ini, antara lain, sinyal. Baik yang masih model lama, sinyal lengan, ataupun yang sekarang, sinyal elektrik, memakai lampu. Untuk jenis seperti ini, BB301/304
Ada istilah ujung satu dan ujung dua. Kalau ujung satu, yang ada panel instrumen nya, kalau saya tidak lupa, ada kompresor dibelakangnya.

Kalau gambar diatas, biar gampang, kita ambil yang teratas ya, yang ada kabinnya, jika berjalan kearah kiri, short hood atau ujung pendek. Jika gambar paling atas berjalan kekanan, berarti mesin jalan duluan, ini yang disebut Long Hood atau ujung panjang. Tetapi lebih enak berjalan dengan short hood, karena goyangan lebih sedikit, sebab goyangan karena berat mesin, ditahan oleh gerbong dibelakangnya. jadi didalam kabin masinis, relatif lebih tenang. (Adi Sutjipto Halim)
0 Comments
 
Top